Contoh Normalisasi Basis Data dari Kwitansi Rumah Sakit


normalisasi_kwitansi_rs

Sebelum saya menampilkan contoh normalisasi basis data dari kwitansi RS, ada baiknya kita review kembali mengenai teori dasar normalisasi berikut ini:

1. Normalisasi merupakan salah satu teknik perancangan basis data selain ERD (Entity Relationship Diagram)

2. Inti dari normalisasi itu sendiri yaitu untuk menghasilkan struktur tabel yang normal/baik.

3. Jadi normalisasi itu adalah sebuah cara untuk memisahkan / memecah tabel yang mengalami redudansi data ke  dalam tabel dua entitas / tabel atau lebih .

Tahapan-tahapan normalisasi:

1. Unnormalisasi

2. Normalisasi 1 (1 NF)

3. Normalisasi 2 (2 NF)

4. Normalisasi 3 (3 NF)

Berikut adalah dokumen dasar berupa kwitansi dari Rumah Sakit yang akan saya coba normalisasi:

kwitansi_rs

TAHAPAN NORMALISASI UNTUK KWITANSI RS:

1. UNNORMALISASI (TIDAK NORMALISASI/UNNORMALIZE)

unnormalisasi_rs

2. NORMALISASI PERTAMA (1 NF)

1nf_rs

3. NORMALISASI KEDUA (2NF)

2nf_rs

4. NORMALISASI KETIGA (3 NF)

3nf_rs

Nah..untuk kasus-kasus yang sederhana seperti contoh diatas, tahapan normalisasi rata-rata cuma sampai pada tahapan normalisasi ketiga, karena sudah menghasilkan tabel yang normal.

Untuk memastikan kebenaran isi tabel dan hubungan antar tabel, kita harus melakukan pengujiann data. Caranya lakukan saja relasi tabel dari tabel-tabel yang sudah berhasil kita pecah. Bila tidak ada hubungan antar tabel maka dapat dikatakan perancangan suatu basis data yang kita lakukan itu adalah ‘gagal’.

Atau untuk lebih meyakinkan kita, coba hasil dari perancangan tsb praktikan pada salahsatu DBMS, kemudian rencanakan kebutuhan informasi yang akan kita ambil dari database tersebut, field-field apa saja yang akan kita tampilkan, kemudian buatlah query untuk menampilkan field-field yang kita inginkan tersebut….Selamat mencoba :D

Akhir kata, semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk anda yang membacanya wabilkhusus bagi diri saya sendiri, mohon maaf bila ada penjelasan yang kurang dimengerti dan saya mengharapkan saran dan koreksi dari rekan-rekan semua para blogger maupun para pecinta IT karena semakin banyak saran dan koreksi maka semakin memperkaya pengetahuan kita tentang suatu ilmu…sampai ketemu lagi di tulisan-tulisan selanjutnya….Bye..Bye….

About these ads

About jauharulali

Kita tak akan pernah tahu siapa diri kita, sampai kita dpt melihat apa yg bisa kita lakukan

Posted on 28 Oktober 2012, in Basis Data, TIK. Bookmark the permalink. 15 Komentar.

  1. thx infonya..
    sangat membantu

  2. thanks bro….

  3. mantap!!!! saya jadi tertolong, mampir ke blog ane gan http://redanorak.blogspot.com follow yah, nanti saya follow balik he

  4. Artikel yang sangat bermanfaat gan makasih infonya :)

  5. knp ada NoTindakan???? diambil dari mana??? cacad deh

  6. sangat bermanfaat, terimakasih !!

  7. Ijin berkomentar gan, mnrut saya msih kurang detail. shrus y lbih dprjlas lgi software/aplikasi yg dpt dgunakan untuk membuat normalisasi y, dan tlong dprjlas tntng pnggunaan-penggunaan primary-key y.
    mksi…

  8. Sedikit ngoreksi Gan. Tabel Tindakan (NoTindakan, Tindakan dan Tarif) jadi tidak konsisten isinya. Coba perhatikan tabel universal (unormalize) agan pada record miliknya Moh. Ali dan Siti. Kedua orang ini, diberi tindakan yang sama (Farmasi Rawat Jalan) tetapi memiliki tarif yang berbeda. Yang Moh. Ali tarifnya 15.900, yang Siti koq 50.000. Ada berapa lagi Farmasi Rawat Jalan yang lain? Apa yang membedakan mereka? Jika Farmasi Rawat Jalan dibedakan antar pasien, tidak seharusnya Tindakan ini menjadi tabel tindakan. Biarkan tindakan ini menjadi field (atribut) di tabel Kuitansi saja.

    Kecuali jika setiap tindakan memiliki tarif yang sama, misal Klinik Umum punya tarif fix 25.000 (siapapun pasien yang dikenai tindakan Klinik Umum, semua dikenai tarif 25.000) dsb, maka bisa dibuat tabel tindakan.

    Mohon dikoreksi jika salah. Nice tutorial gan. Keep Posting..

  9. Thank infonya ,,
    gan punya dokumen yg berhubungan antara dokummen dngan yg lainya ,,
    kalo ad minta dong gan..

  10. Sangat berterima kasih , akhirnya ketauan juga dosen saya ngasih soal sama persis dr situs ini .. kbtulan saya ngerti ga ngerti sih tp karena ada ini bisa copy paste . hehehhe
    gpp dapat pahala yang posting ini , makasih , hehehehe

  11. Itu NoTindakan di dapat dari mana gan?

  12. sangat bermanfaat gan postimg ini buat kami

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: