Peran Perpustakaan di Zaman Era Digital


Perpustakaan Museum KAA

Perpustakaan Museum KAA

Kalau berbicara mengenai perpustakaan, mungkin kita sudah tidak asing lagi, banyak sekali kita temui baik itu di sekolah-sekolah, perguruan tinggi, kantor pemerintahan bahkan di sebuah perusahaan pun banyak yang membuat perpustakaan. Ada banyak hal yang dapat kita kaitkan dengan perpustakaan, diantaranya :

  • Buku
  • Ilmu Pengetahuan
  • Membaca
  • Pustakawan
  • dll

Kalau kita kaitkan poin ke 3, yaitu membaca dengan Al-Qur’an, tentunya pasti kita akan ingat dengan ayat pertama Al-Qur’an yang diturunkan yaitu :

Al-A'laq

Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan” (AL ‘ALAQ :1).

Dari ayat pertama tersebut dapat kita tarik kesimpulan bahwa membaca merupakan hal pertama yang di perintahkan oleh Alloh SWT kepada manusia, tentunya dengan membaca sumber ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi kehidupan kita. Nah..salahsatunya aktivitas membaca dapat kita lakukan di perpustakaan, walaupun nasib perpustakaan di Indonesia ini ‘tidak seramai Mall’ yang ramai dikunjungi oleh orang-orang dari kalangan bawah sampai kalangan atas. Masih banyak orang yang memandang perpustakaan dengan sebelah mata, menganggap perpustakaan hanya sebagai gudang buku saja, menganggap orang yang rajin membaca di perpustakaan sebagai orang yang kuper, jadul, atau entah apalah istilahnya…:D namun sebenarnya ada banyak ilmu yang kita dapatkan ketika berkunjung ke perpustakaan. Mulai dari ilmu kedisiplinan, kerapihan dan tentunya ilmu pengetahuan.

Apalagi di zaman yang serba digital seperti sekarang ini, dimana informasi dapat kita dapatkan dengan mudah melalui ponsel, notebook, dll. Ini merupakan tantangan dan peluang yang harus di ambil positifnya bagi para pengelola perpustakaan, dimana kita dapat mempublikasikan bahan-bahan pustaka ke dalam bentuk digital. Tentunya kita dapat membangun sebuah Perpustakaan Digital (Digital Library) yaitu adalah perpustakaan yang meyediakan semua jasa dari jasa perpustakaan tradisional dan juga harus mengeksploitasi kelebihan dan manfaat penyimpanan, penelusuran dan komunikasi digital.

Mudah-mudahan dengan membangun sebuah perpustakaan digital, orang-orang sekarang  tidak hanya membuka internet untuk membuka situs hiburan, situs ‘xxx’😀 saja tetapi yang dibuka adalah perpustakaan digital  yang penuh di warnai dengan ilmu pegetahuan yang bermanfaat. Mungkin itu adalah salah satu solusi dari permasalahan perpustakaan yang sedang dialami saat ini. Mudah-mudahan pula budaya membaca akan terus dilakukan oleh bangsa Indonesia ini, karena bagaimana mau maju kalau cara berpikirnya masih ‘jadul’ dan ‘kuno’.

Akhir kata, semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi kita semua untuk lebih membangkitkan lagi gairah membaca buku/e-book pengetahuan….

Selamat Membaca…dan jangan pernah bosan untuk membaca.🙂

About jauharulali

Kita tak akan pernah tahu siapa diri kita, sampai kita dpt melihat apa yg bisa kita lakukan

Posted on 29 Agustus 2010, in Membaca, Pendidikan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: