Koleksi Uang Koin Indonesia


uangkoin

Bagi sebagian orang, mungkin mengumpulkan uang koin lama itu bukan sesuatu yang penting, tapi bagi saya dan para peminat uang kuno itu adalah sesuatu yang berharga. Kenapa berharga? karena selain tau akan sejarah uang kuno dari masa-ke masa dengan mengoleksi uang kuno juga kita bisa menjualnya ke peminat uang kuno lainnya…:D

Kegiatan mengumpulkan uang merupakan salah satu dari kegiatan yang dilakukan oleh Numismatik, dimana secara keseluruhan kegiatan Numismatik adalah:

1. Mengoleksi uang kuno baik logam/token maupun kertas

2. Mempelajari sejarah mata uang

3. Mempelajari cara membuatnya

4. Mempelajari ciri-cirinya

5. Mempelajari perbedaan uang asli dan palsu

6. Mempelajari sejarah politik terbentuknya mata uang tersebut

7. dll…pokoknya banyak dech….:D

So..bagi anda yang berminat mengkoleksi uang kuno, tidak ada salahnya untuk segera memulai karena saat ini banyak sekali orang dari berbagai belahan dunia yang menjual uang-uang kuno tersebut dari berbagai negara. Soal harganya ? tentunya harga suatu uang kuno tergantung pada kriteria-kriteria ini:

1. Kelangkaan

2. Kondisi uang

3. Tahun pembuatan

4. dlsb…

Mestinya penjual uang kuno harus memperhatikan kriteria2 diatas, tapi pada kenyataannya banyak sekali para penjual yang seenaknya aja menjual uang kunonya dengan harga selangiiit…buseeet dach…:P. Tapi jangan berkecil hati, bagi anda yang mau mengkoleksi, masih banyak juga penjual yang menjual uang kunonya dengan harga yang saya kira masih terbilang wajar.

Ada beberapa peralatan yang harus anda siapkan bagi yang ingin mengkoleksi uang kuno tersebut, diantaranya:

1. Album uang koin/kertas

2. Kaca pembesar

3. Alat pembersih uang logam

4. dll.

Alhamdulillah sampai saat ini saya sudah mengumpulkan seluruh uang logam Indonesia dari zaman Pemerintah Hindia Belanda Sampai sekarang(uang logam 1000 thn 2010), berikut adalah daftar uang logam yang saya miliki:

1. 1/2 Cent – Nederlandsch Indie (1945)

2. 1 Cent – Nederlandsch Indie versi bolong (1937)

3. 1 Cent – Nederlandsch Indie (1929)

4. 2 1/2 Cent – Nederlandsch Indie (1920)

5. 1 Sen (1952)

6. 5 Sen (1951)

7. 10 Sen (1954)

8. 25 Sen (1955)

9. 50 Sen versi Diva Negara (1955)

10. 50 Sen (1958 & 1959)

11. 1 Rupiah (1970)

12. 2 Rupiah (1970)

13. 5 Rupiah versi kecil-KB (1979)

14. 5 Rupiah versi besar-Burung (1970)

15. 5 Rupiah versi besar-KB (1974)

16. 10 Rupiah kecil-nikel (1971)

17. 10 Rupiah versi kuningan (1974)

18. 10 Rupiah versi besar (1979)

19. 25 Rupiah (1971)

20. 25 Rupiah versi buah pala (1995)

21. 50 Rupiah (1971)

22. 50 Rupiah versi komodo (1995-1996)

23. 50 Rupiah versi kepodang (1999)

24. 100 Rupiah tebal (1973)

25. 100 Rupiah tipis (1978)

26. 100 Rupiah versi karapan sapi (1991-1998)

27. 100 Rupiah versi kakaktua raja (1999)

28. 200 Rupiah versi jalak bali (2003)

29. 500 Rupiah versi bunga melati (1991-1992)

30. 500 Rupiah versi bunga melati (2002-2003)

31. 500 Rupiah versi bunga melati-tembaga(2003)

32. 1000 Rupiah versi kelapa sawit (1996)

33. 1000 Rupiah versi angklung (2010)

Daftar uang koin diatas adalah yang saya miliki sampai hari ini (28-10-2012), dan kedepannya Insya Alloh saya masih memburu koin-koin Indonesia yang mungkin belum saya ketahui jumlahnya, karena sebenarnya ada koin-koin tertentu yang dicetak dalam jumlah terbatas seperti dalam rangka memperingatu hari kemerdekaan Indonesia sekira tahun 1970 an yang terbuat dari bahan emas dan perak, yang sampai saat ini saya masih penasaran ingin memilikinya.

Dan bagi anda yang berniat mengkoleksi uang logam kuno maupun uang kertas kuno, silahkan jangan ragu-ragu lagi untuk menjadi ‘Numismatik Sejati’. Semoga kita bisa sharing pengalaman mengenai uang-uang kuno tersebut serta berbagi info-info yang menarik yang tentunya tidak semua orang bisa mendapatkannya.

Akhir kata, semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi anda yang membacanya….
Sampai jumpa ditulisan-tulisan selanjutnya…dadaaaaaah….:))

About jauharulali

Kita tak akan pernah tahu siapa diri kita, sampai kita dpt melihat apa yg bisa kita lakukan

Posted on 28 Oktober 2012, in Hobi, Numismatik. Bookmark the permalink. 77 Komentar.

  1. Sya dapat uang tengahnya bolon uang nederlancs indie thn 1945, terbuat dari bahan ap y ??
    Tolng di kasih tau

  2. Saiia brada di daerah cirebon… Di mana saiia bisa menjual uang lama yg saiia punya…

  3. permisi, saya ada koin nederland indie tahun 1958 2,5 cent, sapa tau ada yang berminat, lokasi di solo, bisa langsung kontak ke 085 647 405 139 (SMS Only), makasih . . .

  4. aku banyak uang koin ada yang mau

  5. Saya punya uang logam tahun 2/5 SENT 1914, 1 G 1945,1/4 CENT, 2 rupiah 1973, 1000 tahun 1994, 1996 gambar kelapa sawit, kertas 1000, 50001992. bagi yang berminat silahkan hub : 085253444743

  6. Apa ada yang minat uang Rp5 dan Rp10 tahun 1974? Sodara saya ada sekaleng🙂.kirim email kalo ada yang minat jaka.wijaya@gmail.com

  7. aku punya 10 sen thun 1951 . .gan hub no q085649186647

  8. sya pnya koin 1/10 G , tahun 1940, koin VOC , ad juga 1 dime USA 1929, kalo minat hubungi 085762554614 atau add fb di gmahendra81@yahoo.com

  9. kalo harga koin netherland indie tahun 1914, 2 setengah sen kira2 brpa?

  10. saya punya uang 1sen ada 400 biji ada yg mao telpon aja ke nomer:08561883190 ane dapet waktu ane lg ngebor paku bumi

  11. saya punya uang koin seribuan KELAPA SAWIT ±380keping… dan uang koin seribuan ANGKLUNG ±1.000keping, minat hub : INTAN 0856 2737 222 (LOKASI SEMARANG BS COD, SERIUS BUYER ONLY)

  12. saya menjual uang kertas lama,50rp th1968 sadjipoen.del,10rp th1960 soekarno,dll.minat hub.087874002072,dijual cepat

  13. Ni, saya ada uang dipa negara, 25 cent, gambar depan ada wajah orang dan tulisannya dipa negara sedangkan belakang tulisan 25 cent, 2 burung dan 2 keris dibawahnya 1950 (kebanyakan beredar 1955,).. cuman ada 1, ada yang berminat?? call atau sms 087885818782 (saya kasih harga murah tuk koinnya karna mau angkat uang kertas)

  14. bang, saya punya koin jaman VOC, Coin batavia, juga ada koin timor leste jaman portugis tahun 1970

  15. Asslmlkm
    Pak saya ada 1 keping koin netherlandsch indie 2,5 cent, kalo saya mau jual harga ny kisaran berapa ya dan tolong d bantu kalo ada yg berminat

  16. saya punya uang 1/10 g netherland indie tahun 1920,.kira kira berapa harganya ya mas ,..

  17. Dimana saya bisa beli album, folder uang koin?

  18. Nama saya very,saya ingin menjual satu uang koin kuno saya yakni koin 1/10 G Nederland indies tahun 1914,saya lihat didaftar koleksi anda belum,namun saya tak bs menaksirkan berapa saya akan menjualnya krn saya masih awam,saya jual karena sy butuh uang untuk melanjutkan kuliah saya,jika anda berminat,insyaAllah,silahkan email saya Pak.terimakasih.

  19. saya punya uang 100 rp tahun 1992

  20. tapi ga di jual hahahahah…..

  21. Saya ada uang koin 25 tahun 71 itu laku brpa yah??
    Kalo ada yg tahu sms dong ke no 08981337985

  22. Saya ada beberapa simpanan koin kuno Indonesia dan Luar Negeri : 5 Cent Nederlandshc Indie 1913, BON POUR 2 FRANCS Thn 1922, ONE CENT BRITISH NORTH BORNEO 1837, dan masih ada beberapa lagi. Sekiranya ada yang butuh bisa hubungi di 021 85362781 (anwar)

  23. Saya ingin menanyakan,
    Ada orang menawarkan koin emas ringgit jadul. Kira2 harganya berapa?
    Trims

  24. Maaf numpang tanya punya kenalan buyer yg serius ga soal nya mau jual uang koin emas kuno dari cina tahun 1800 an

  25. saya punya koin 10 rupiah 1971 ,harga berapa yah ?08888208202

  26. misi saya adhit di depok,,saya ada koin nederland indie 21/2 cent tahun 1945..
    ada beberapa koin lagi dari cina thailand sama philipina,,,,uang kertas 100 rupiah tahun 1977,500 rupiah tahun 1982,1000 rupiah tahun 1980,,yg berminat bisa hub,089689288091
    kira2 bisa laku berapa ya masing2 cuma ada 1,,terima kasih

  27. saya mau jual uang 2 1/2 G GULDEN WILHELMINA MAHKOTA tahun 1718 kira-kira harganya brapa yaa???

  28. saya mau jual uang 2 1/2 G GULDEN
    WILHELMINA MAHKOTA tahun 1718 kira-kira
    harganya brapa yaa???

  29. Gan saya punya uang koin 10rupiah tahun 1971 kira kira laku berapa yah? 089663383077

  30. saya punya 1 rupiah thn 1970, 5 rupiah kb tahun 1979,50 rupiah tahun 1971,100 rupiah tahun 1973,100 rupiah tahun 1978 ,5 rupiah, tahun1970uang loga,….uang 10000 tahun 1998,1000 rupiah tahun 1987,500 rupiah tahun 1992,100 rupiah tahun 1992 kertas,,,hub 085241319494,,,murah ko ada yg minat,,,,,,,

  31. saya punya 100 tebal tahun 1973 minat hub 081919269406

  32. pak saya punya uang koin 2,5 cent netherland th 1945,uang arab 25 piastres 1718 dan uang 100 rupiah thun 1987..kalo minat hubungi ja email sya..
    yoga.yudistira45@gmail.com atau 085314711747

  33. saya punya 50 sen th 1951, berapa harganya kalau dijual ya? bisa infokan sedikit bos??

  34. ralat : 50 sen tahun 1961 maaf,
    083117558777

  35. Ane punya koin nederlandsch indie 2,5 cent gambar mahkota dan tulusan jawa tahun1897
    081977378222

  36. mas saya punya COIN INDONESIA.
    -coin gambar burung cndrawasih Rp.50 tahun 1971
    -coin gambar burung jawa Rp.25 tahun 1971
    -coin gambar komodo, uangnya kuning Rp.50 tahun 1994
    COIN AMERICA
    -coin gambar orang trus ada tulisan IN GOD WE TRUSI LIBERTY 1996, blakangnya ada gmbr kaya masjid, ada tulisan E PLURIBUS UNUM, MONTTCELLO.
    COIN INDIE
    -coin nederlandsch indie 2 1/2 cent tahun 1945, blakang nya gmbr arab.
    MINAT HUB : 083821614717.

  37. missi min ane punya uang 1/10 gulden ada yg minat?? hubungi aja 083846321814

  38. saya punya koin 1/4 sen,yang sepertinya tidak ada duanya sampai saat ini, dicetak pada tahun 1941….mau gak????

  39. Saya puny banyak koin nederlandsch indie 1945 yg bolong tengah,,terus yang 2 1/2 cent tahun 1945,,,juga koin yang lain,,,,minat hubungin 081905524774

  40. Haaii🙂 nama saya elvira🙂 salam kenal
    Waahhh, saya juga nih…pertamanya iseng doang, sih…tapi saya akhirnya bener2 pengen menekuni hal ini. Pertamanya saya emang pubya kecenderungan untuk mengoleksi barang2 antik dan langka.
    Oiya, boleh kasi tau dimana kita bisa dapet uang2 kuno? Dan biasanya kisarannya berapa? Terimakasih🙂

    • kalau di Bandung, banyak yg jualan disekitar jalan Asia-Afrika dan jalan Otista. harga uang koin (nikel,aluminuium) lama cukup murah dari mulai Rp. 5000, kalau harga uang kertas kuno dari mulai harga Rp.10.000. berdasarkan survey, utk harga uang kertas itu jauh lebih mahal daripada uang koin biasa.

  41. Sya hengky, dari kecil saya sudah hobby koleksi uang logam \ kertas. Mungkin koleksi saya tidak selengkap uang yang Bapak punya. Saya mau tanya klau uang kertas seri X , seri ABC, berapa harga jualnya?

  42. Saya mau menjual mata uang indonesia tahun 1954 2/15,, dengan harga 10.000.000 bisa nego,, kalau minat hubungi no ini 081511000047

  43. Permisi ,,

    saya Byk Punya Uwang Kono indonesia jenis Kertas maopun Logam / Nikel / Perak dan Perunggu ..,, nda bs saya Sebutin .., kloNya mao Pesan Jenis dan Seri / Edisi tahunNya ..

    Silakan Hubungi Saya ..,, Dani < yurdani8@gmail.com .

    Banjarmasin _ Kalimantan Selatan .

    Trim's,

  44. Saya punya nederlandsch inde tahun 1945 kira-kira berapa harganya iya dan saya juga punya koin 5 rupiah versi besar-kb dan kecil-kb

  45. Saya punya nederlandsch inde tahun 1945 kira-kira berapa harganya iya dan saya juga punya koin 5 rupiah versi besar-kb dan kecil-kb
    yg mau beli bubungi 082281971731

  46. Permisi
    saya punya uang logam tahun 1718 willem koning der ned G.H.V.L 2 1/5 G .ada yang minat hub 087879812033

  47. saya punya 1/4G 1G 1/2g koin nederland 1929 minat hub 081343467502

  48. Saya punya uang logam 5000 perak tahun 1974,klo ada yg minat hub 081348802000

  49. Agan semua, saya butuh buat tambahan koleksi, jika ada yang punya koin 25 Sen DIPANEGARA 1952 gambar burung Cendrawasih & Keris silang, tolong info sms/telp ke hp : 085707898955 .. saya akan beli sesuai kondisi barang ..

  50. Buat tambahan koleksi uang kuno saya, saya juga lagi mencari uang kuno Belanda 2 1/5 G WILHELMINA warna Perak tahun 1818 & 1919. Barang di beli dengan harga tergantung sesuai kondisi barangnya.
    Jika ada yang punya uang koin tersebut, silahkan hubungi : 085707898955

  51. Saya punya uang logam tahun 1818 bergambarkan pak ir. Soekarno ,,, saya bingung uang itu asli ada apa tidak

  52. saya ada koin 100 tebal 1973 5000/koin ada 200an.. dan koin 25 1971 3000/koin ada 30an
    minat serius hub. 081278012869
    pin bb 553131bd.. harga msh bisa nego
    cod lampung utara.. luar kota via jne

  53. Saya Punya Uang Koin Nederland tahun 1920, uang Liberty Koin Tahun 1980 dan masih banyak Koleksi Lainnya , Minat hub 085255777885

  54. koin 25 sen tahun 1952, koin 5 rupiah tahun 1970, koin 25 rupiah tahun 1971, koin 100 rupiah tahun 1971, koin 100 tahun 1973, koin 5 rupiah 1974, koin 5 rupiah tahun 1979, koin 10 rupiah tahun 1979……………….Minat ? Hub: 085248229004 (T.Layang- kalimantan Tengah)

  55. om saya punya uang coin nederland indie 1/4 G thn 1900 sama 21/2 cent thn 1945… kalo dijual laku brpa ya?

  56. ready stock
    koin rp 10 th 71
    lokasi semarang

    cp: 0857-4001-9345

  57. saya punya uang koin poundsterling,barangkali ada yg minat,,pecahan 1penny,1pence,2pence,5pence,10pence,20pence,25pence,50pence,1poundsterling,,,hubungi 087749721010,,matursuwun,,

  58. Sy punya uang koin th 1920 1 keping 2cent mau d jual gan…087780522128

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: