Pemrograman Mobile dengan Menggunakan WML


mcp-cover2

PENDAHULUAN

  • WML merupakan bahasa markup yg didasarkan pada XML(Extensible Markup Language) dan digunakan dgn Wireless Application Protocol (WAP).
  • WML dirancang untuk antar muka pengguna dan menampilkan isi pada wireless devices seperti ponsel, pager, dan PDA
  • Sama halnya seperti HTML, yaitu bahasa markup yg digunakan untuk membangun halaman web. Halaman WAP ditulis dalam WML dan dpt dibaca oleh telepon WAP /wireless devices lainnya.
  • WML & WML script adalah binari yg disandikan sblm dikirim ke pengguna untuk memperkecil keterbatasan bandwith
  • Struktur dokumen HTML diubah untuk menyediakan navigasi yg cepat antar hlmn tanpa adanya pembuatan akses ke server
  • Elemen WML dpt dgn mudah diimplementasikan, juga dgn menggunakan keyboard yg kecil
  • WML dan WML script mempunyai sekumpulan batasan fungsionalitas shg kemungkinan untuk mengimplementasikan micro browser itu tdk membutuhkan memori yg banyak atau tenaga komputasional.
Tag-Tag WML
tag-wml
Contoh 1 (Menampilkan teks Halo) : halo.wml

<?xml version=”1.0″?>

<!DOCTYPE wml PUBLIC \”-//WAPFORUM//DTD WML 1.1//EN\””
. ” \”http://www.wapforum.org/DTD/wml_1.1.xml\”>

<wml>

<card id=”latih” title=”Hallo”>

<p>

Hallo WAP<br/>

Haloo SMKN 4<br/>

Hallo Dunia.

</p>

</card>

</wml>

halo-wml

Baca tulisan lengkap :

Modul 2 – Pemrograman WAP Dgn WML [Compatibility Mode]


About jauharulali

Kita tak akan pernah tahu siapa diri kita, sampai kita dpt melihat apa yg bisa kita lakukan

Posted on 15 Februari 2011, in Mobile Programming, Programming, TIK. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. Terima kasih penjelasan mengenai pemrograman WML
    My blog

Tinggalkan komentar