Pemrograman Mobile dengan Menggunakan WML
PENDAHULUAN
- WML merupakan bahasa markup yg didasarkan pada XML(Extensible Markup Language) dan digunakan dgn Wireless Application Protocol (WAP).
- WML dirancang untuk antar muka pengguna dan menampilkan isi pada wireless devices seperti ponsel, pager, dan PDA
- Sama halnya seperti HTML, yaitu bahasa markup yg digunakan untuk membangun halaman web. Halaman WAP ditulis dalam WML dan dpt dibaca oleh telepon WAP /wireless devices lainnya.
- WML & WML script adalah binari yg disandikan sblm dikirim ke pengguna untuk memperkecil keterbatasan bandwith
- Struktur dokumen HTML diubah untuk menyediakan navigasi yg cepat antar hlmn tanpa adanya pembuatan akses ke server
- Elemen WML dpt dgn mudah diimplementasikan, juga dgn menggunakan keyboard yg kecil
- WML dan WML script mempunyai sekumpulan batasan fungsionalitas shg kemungkinan untuk mengimplementasikan micro browser itu tdk membutuhkan memori yg banyak atau tenaga komputasional.
Tag-Tag WML
Contoh 1 (Menampilkan teks Halo) : halo.wml
<?xml version=”1.0″?>
<!DOCTYPE wml PUBLIC \”-//WAPFORUM//DTD WML 1.1//EN\””
. ” \”http://www.wapforum.org/DTD/wml_1.1.xml\”>
<wml>
<card id=”latih” title=”Hallo”>
<p>
Hallo WAP<br/>
Haloo SMKN 4<br/>
Hallo Dunia.
</p>
</card>
</wml>
Baca tulisan lengkap :
Posted on 15 Februari 2011, in Mobile Programming, Programming, TIK. Bookmark the permalink. 2 Komentar.
Terima kasih penjelasan mengenai pemrograman WML
My blog
pahami dgn benar syarat dari setiap tahapan normalisasi.